Kamis, 07 Juni 2018

Penerapan IOT Pada Teknologi Informasi


 

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah teknologi yang mampu mengubah perangkat menjadi sesuatu yang berharga Dalam Dunia Teknologi Iformasi, di antaranya untuk monitoring dan analisis
Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia : Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai urat nadi yang mampu mengalirkan informasi ke-seluruh elemen bangsa. Kemajuan suatu negara dilihat dari kualitas teknologi yang digunakan. TIK merupakan salah satu komponen untuk membangun bangsa Indonesia.

Sebelum beranjak membahas mengenai peran TIK terhadap kemajuan bangsa Indonesia, mari singgung sedikit tentang pengertiannya terlebih dahulu. Teknologi informasi merupakan penggunaan berbagai alat, dengan beberapa teknis untuk menghasilkan banyak produk informatif dan dipublikasikan ke berbagai media online maupun offline.


Pengaruh IOT Terhadap Teknologi Informasi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia



Jarak dan waktu merupakan pembatas pergerakan umat manusia. Dahulu kala, berkirim surat dan pesan membutuhkan waktu cukup lama. Ukuran waktu pengiriman menggunakan satuan hari, Minggu atau Bulan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini telah mengubah batasan-batasan tersebut. Satuan waktu hari, minggu dan bulan telah berubah menjadi detik, menit dan jam. Semuanya dapat dilakukan secara cepat melalui media online.



Beberapa Contoh IOT dalam Teknologi

Smart Home, sistem pintar di rumah





Smart home System adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal anda.

Dapat digunakan untuk menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah Anda, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Penerapan sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatur suhu ruangan melalui termostat pada sistem pemanas atau penyejuk hawa, sehingga memberikan suasana " adanya kehidupan " meski sebenarnya Anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat.


              Smart home bukanlah rumah masa depan. Sebab, segala kemudahan dan kenyamanan yang diidamkan banyak orang, sudah bisa dirasakan pada saat ini. ''Aplikasi Smart home merupakan bagian dari smart home,'' papar Damien yang mengusung produk Legrand.
Pada sistem Smart home, tiap alat elektronik terhubung dengan controller atau actuator. Itulah yang menggantikan fungsi saklar tradisional. ''Saklar pintar ini diinstal serupa dengan saklar tradisional namun telah dilengkapi dengan sensor inframerah,'' imbuh Damien dalam diskusi jelang Smart Home and Intelligent Building Expo 2007 yang bakal digelar awal September mendatang.
Smart home, lanjut Damien, merupakan suatu sistem yang memungkinkan kontrol secara otomatis terhadap segala peranti elektronik di rumah. Semua alat-alat elektronik dapat dikendalikan secara otomatis dari jarak tertentu. ''Termasuk AC, TV, home theatre, microwave, VCD/DVD player, dan lampu.''
Intinya, setiap peranti elektronik yang terhubung dengan stop kontak dapat dikendalikan dalam satu genggaman remote control. Dengan remote control yang sama, Anda bisa mematikan microwave di dapur dari kamar tidur yang berada di lantai dua. ''Cukup arahkan remote control ke stop kontak terdekat dan tekan tombol yang melambangkan kendali microwave,'' urai Damien.



Nest Smart Thermostat (Biasanya diterapkan di AC)



Salah teknologi Internet of things Indonesia yang sudah banyak dicicipi oleh masyarakat indonesia adalah Nest Smart Thermostat, termostat cerdas yang terhubung ke internet. Nest belajar rutinitas keluarga Anda dan secara otomatis akan menyesuaikan suhu berdasarkan ketika Anda di rumah atau jauh, hidup atau mati, panas atau dingin, untuk membuat rumah Anda lebih efisien dan membantu Anda menghemat tagihan. Aplikasi seluler memungkinkan Anda untuk mengedit jadwal, mengubah suhu ketika Anda jauh dari rumah, dan bahkan menerima peringatan ketika terlihat seperti sesuatu yang tidak beres dengan pemanasan atau sistem pendingin.

August Smart Lock


Dengan kunci pintar ini, Anda tidak perlu kunci lagi untuk membuka pintu ketika Anda tiba di rumah. Anda dapat memberikan kunci tamu untuk teman-teman atau siapapun yang Anda mau, dan anda bisa mencabut kunci tersebut ketika Anda tidak lagi ingin memberikan orang akses ke rumah Anda. Keypad opsional berarti Anda dapat mengatur kode untuk membuka pintu Anda jika Anda tidak sedang membawa ponsel . Anda bahkan dapat melihat log aktivitas dan memberikan akses dari smartphone Anda dari jarak jauh. sistem keamanan pintar menjadi lebih populer dengan meningkatnya pilihan, dan kunci pintar seperti ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.


DHL’s IoT Tracking and Monitoring


Pada skala yang sangat besar, Internet of Things dapat membantu banyak dengan logistik. Misalnya, DHL menyediakan pengiriman, pergudangan, distribusi, dan manajemen rantai pasokan di seluruh dunia, dan ini memerlukan sejumlah besar komunikasi. DHL merilis sebuah laporan yang merinci beberapa penggunaan potensi teknologi IOT yang mencakup pemantauan kendaraan dan pemeliharaan, pelacakan real-time dari paket, sensor lingkungan dalam wadah pengiriman, pengumpulan informasi pada karyawan dan alat-alat, dan sejumlah fitur keselamatan peningkat untuk kendaraan dan orang-orang. Sementara itu mungkin memerlukan waktu untuk semua jenis teknologi muncul, efisiensi logistik dan pengiriman dapat meningkat secara signifikan jika mereka bekerja seperti yang diharapkan.

source : https://gamerindo.net/peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi-untuk-kemajuan-bangsa-indonesia
              http://subari.blogspot.com/2008/03/smart-home-sistem-pintar-di-rumah.html
              https://dailysocial.id/post/perkembangan-industri-internet-of-things-di-indonesia-tahun-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar